Total Tayangan Laman

Translate

Sabtu, 19 Februari 2011

Target Michael di 2011 Bukan Gelar Dunia

 Sejak kembali ke arena balap F1 Michael Schumacher memang sudah menetapkan tujuan ia kembali ke F1 adalah meraih gelar dunia namun tahun pertama debut comeback-nya di F1 tak berjalan mulus. Di tahun kedua kebersamaannya dengan tim barunya, Mercedes juga sepertinya masih akan sulit meski catatan waktu yang ditorehkannya di sesi latihan bebas di Valencia dan Jerez bisa dibilang mengesankan. Bahkan di hari kedua sesi latihan di Jerez ia sukses menggemparkan publik F1 dengan mencatat waktu tercepat. Namun Michael sangat realistis. Ia tak ingin sesumbar dengan kesuksesannya itu mengingat masalah reliability menjadi ancaman serius bagi W02, mobil barunya di musim 2011 ini.

Karena kendala reliabilitas itulah maka Michael pun tak ingin menetapkan target yang terlalu muluk dan berharap bisa meraih kemenangan pertamanya bersama Mercedes di musim 2011 ini.

"Target kami (tim Mercedes) masih sama seperti minggu lalu yaitu kami berharap bisa meraih podium bersama mobil baru ini (W02) dan semoga saja jika semuanya berjalan baik, kami bisa meraih kemenangan di tahun ini," demikian harapan Michael yang diucapkannya ketika ditanya mengenai targetnya bersama Mercedes di tahun 2011 ini.

Michael juga menambahkan bahwa masih terlalu dini untuk membandingkan performa timnya dengan rival-rivalnya karena tentu saja semua tim masih terus mengembangkan tunggangan mereka sebelum dimulainya race pertama di Bahrain. Namun berita yang sekarang ini sedang santer kemungkinan dilangsungkannya race di Bahrain masih menjadi tanda tanya sehubungan dengan situasi politik di negara itu yang kian memanas setelah kemarin terjadi aksi bentrokan antara polisi Bahrain dengan para demonstran anti pemerintah dan banyak korban yang terluka akibat bentrokan itu.

Sejak tanggal 1 Pebruari lalu, geliat F1 sudah kembali menyemarakkan dunia motorsport. Semua tim balap F1 mulai kembali ke sirkuit setelah melewati libur musim dingin dan mulai melakukan sesi latihan bebas pra musim balap 2011. Valencia dipercaya menjadi tuan rumah sesi latihan bebas pertama pra musim yang berlangsung selama 3 hari yaitu mulai tanggal 1-3 Pebruari.

Di hari pertama sesi latihan bebas pertama pra musim 2011 di Valencia, Vettel, sang juara dunia baru, mencatat waktu tercepat sementara di hari kedua, pesaingnya dalam perebutan gelar dunia 2010, Alonso yang ganti tampil sebagai pebalap tercepat disusul Vettel di tempat kedua.

Robert Kubica dari Renault tampil mengejutkan publik F1 saat ia sukses mencatat waktu tercepat di hari ketiga, hari terakhir sesi latihan bebas pertama pra musim 2011 dengan 1:13.444 dan melahap 95 lap disusul Adrian Sutil dan Jenson Button di tempat kedua dan ketiga. Sementara Michael Schumacher mencatat waktu tercepat ke-9 dengan melahap 110 lap. Meski catatan waktunya lebih buruk dibanding catatan waktu yang ditorehkan rekan setimnya di hari kedua sesi latihan bebas di Valencia yang menempatkannya di urutan tercepat ke-6 namun Rosberg hanya bisa menyelesaikan 69 lap saja sebelum W02-nya kembali dihadang masalah teknis sedangkan Michael berhasil menyelesaikan jumlah lap yang telah direncanakan.

Setelah jeda seminggu, sesi latihan pra musim kembali digelar, kali ini dilangsungkan di Jerez selama 4 hari dari tanggal 10-13 Pebruari.

Pada hari pertama sesi latihan di Jerez, Massa tampil sebagai pebalap tercepat. Kejutan datang di hari kedua sesi latihan bebas pra musim di Jerez di mana Michael Schumacher yang hancur lebur di musim pertama comeback-nya di F1 kembali memperlihatkan kualitasnya sebagai juara dunia tujuh kali. Ia sukses mencatat waktu tercepat dengan 1:20.352 dan melahap 112 lap. Keberhasilan Michael mencatat waktu tercepat ini sangat kontras bila dilihat dengan penampilan rekan setimnya yang mengalami kendala teknis di hari pertama latihan bebas di Jerez. Tak ayal keberhasilan Michael ini pun menimbulkan syak wasangka di benak banyak pihak dan ditengarai Michael berhasil mencatat waktu tercepat karena mobilnya tak membawa banyak bahan bakar. Namun Michael mengungkapkan bahwa ia berhasil mencatat waktu tercepat karena ia menggunakan ban super soft Pirelli. Webber, pebalap Red Bull dengan sinisnya mengomentari keberhasilan Michael ini hanyalah sebagai upaya Mercedes meredam respon negatif publik Jerman akibat sikap skeptis Rosberg, rekan setim Michael yang tampil buruk di sesi latihan bebas hari pertama. Namun Felipe Massa yang mencatat waktu tercepat di hari pertama sesi latihan bebas di Jerez dalam menanggapi kesuksesan Michael ini tak sesinis Webber, sebaliknya ia malah setengah berseloroh menyatakan, "Ini kan bukan kali pertama Michael berada di depan? Bukankah memang ia yang lebih banyak menang dibanding kita semua (para pebalap F1)?"

Di hari ketiga sesi latihan bebas di Jerez, Nick Heidfeld yang menggantikan posisi Kubica yang terluka parah di ajang rally hanya beberapa hari setelah ia tampil menyakinkan dengan mencatat waktu tercepat di hari terakhir sesi latihan bebas di Valencia, tampil luar biasa dengan mencatat waktu tercepat sehingga membuat para petinggi Renault rela memberikan posisi Kubica kepada pebalap Jerman ini.

Sementara itu Michael meski tak berhasil mengulang kesuksesan seperti di hari kedua, namun ia berhasil mencatat waktu tercepat ketiga dan berhasil menyelesaikan 114 lap tanpa gangguan teknis. Di hari terakhir sesi latihan bebas Jerez, Michael kembali berganti peran dengan Rosberg. Di hari terakhir sesi latihan bebas ini Rubens Barrichello yang membela Williams tampil sebagai pebalap tercepat disusul Kamui Kobayashi dan Fernando Alonso di tempat kedua dan ketiga. Sementara catatan waktu Rosberg hanya mampu menempatkannya di urutan ke-7 dan ia hanya bisa menyelesaikan 45 lap saja akibat kembali didera masalah teknis.

Minggu ini sesi latihan bebas pra musim kembali digelar selama 4 hari yakni mulai tanggal 18 Pebruari kemarin sampai 21 Pebruari nanti. Kali ini sesi latihan bebas digelar di Barcelona. Di hari pertama sesi latihan bebas di Barcelona ini Sebastian Vettel dari Red Bull kembali sukses mencatat waktu tercepat dengan 1:24.374 dan menghabiskan total 37 lap. Ia berhasil mengalahkan rivalnya, Alonso yang menempati urutan kedua disusul oleh Jaime Alguersuari di tempat ketiga.

Michael Schumacher di hari pertama sesi latihan bebas di Barcelona yang harus tertunda hingga waktu makan siang untuk menunggu sirkuit benar-benar kering akibat diguyur hujan deras pada hari Kamis, hanya berhasil mencatat waktu tercepat ke-8 dengan total 89 lap yang dijalaninya namun ia akhirnya sukses menyelesaikan race simulation-nya. Michael baru akan kembali mengetes mobil barunya pada hari terakhir latihan bebas di Barcelona hari Senin, lusa sementara rekan setim Michael, Nico Rosberg akan mulai kembali melakukan uji coba mobilnya pada hari ini dan besok.

Sedianya sesi latihan terakhir pra musim 2011 akan dilangsungkan di Bahrain pada tanggal 3-6 Maret nanti sebelum musim balap F1 mulai bergulir dan dimulai di Bahrain namun sepertinya sesi latihan bebas dan race perdana di Bahrain akan dibatalkan dan saat ini FOTA, organisasi yang membawahi tim-tim F1 tengah mendiskusikan alternatif lain untuk menggantikan Bahrain yang tengah memanas akibat situasi politik di sana.

sumber gambar dari : wikipedia

Tidak ada komentar: