Total Tayangan Laman

Translate

Sabtu, 12 Maret 2011

Brawn Yakin Mercedes GP Bisa Kompetitif di 2011

Keyakinan ini diungkapkan team principal tim Mercedes, Ross Brawn pada hari Kamis kemarin setelah penampilan Michael di hari pertamanya dari jatah dua hari tes pada sesi tes terakhir pra musim balap 2011 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol berhasil membawa W02-nya berada di urutan kelima tercepat dengan catatan waktu 1:22.892 dan menyelesaikan 89 lap atau setara dengan 414 km. Di hari Kamis kemarin itu Michael mengujicoba sistem exhaust terbaru mobilnya.

Sesi final test ini sedianya akan dilangsungkan di Bahrain namun karena situasi politik di negara itu memanas maka sesi akhir test musim dingin pun dilakukan di Barcelona yang sebenarnya berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 8-11 Maret namun Mercedes bersama beberapa tim lainnya seperti Ferrari, HRT, dan Williams baru memulai ujicoba mobil mereka pada hari kedua tes tanggal 9 Maret silam sehingga tim-tim ini baru akan menyelesaikan jatah ujicoba mereka pada hari Sabtu ini.

Sebelumnya di hari Rabu, Nico Rosberg, rekan setim Michael mencatat waktu tercepat ke-8 dengan 1:25.807 dan melahap 100 lap. 

Walaupun W02 sudah mulai terlihat mengesankan namun juara dunia tujuh kali ini tak mau sesumbar. Ia bahkan menyatakan bahwa mobilnya masih belum bisa menandingi Red Bull. "We clearly know that Red Bull Racing are very strong and they are the team you have to look at, "kata juara dunia tujuh kali ini ketika ditanya peluang tunggangan terbarunya dalam merebut kemenangan di musim ini. Namun meski ayah dua anak ini mengaku bahwa timnya tidak setangguh sang juara dunia, Red Bull, namun ia berharap timnya bisa tampil mengesankan tahun ini mengingat musim balap 2011 ini masih panjang dan siapa yang akan tampil superior masih menjadi tanda tanya besar. "At the moment I guess we're not in this position right now. The season is long and there is a big question mark as to who is coming behind, and I hope we play a sufficient role in that." 

Senada dengan pengharapan yang diungkapkan oleh Michael itu, team principal Mercedes GP, Ross Brawn pun mengungkapkan hal yang sama. Walaupun Brawn menyatakan masih terlalu dini untuk menilai siapa yang akan tampil perkasa di musim balap 2011 ini namun dengan pengembangan yang dilakukan timnya, Brawn yakin Mercedes GP bisa tampil kompetitif. "We felt we have been a bit behind and the improvements we are introducing should put us in a competitive position, but you never know what the other teams are going to do, or what steps they have made.

Atas dasar pengembangan yang dilakukan Mercedes itulah maka Brawn juga mengungkapkan keyakinannya bahwa timnya akan tampil menjanjikan di Melbourne namun ia juga tak berani terlalu sesumbar karena ia tak tahu kekuatan sebenarnya dari lawan-lawannya karena ia tak tahu berapa banyak bahan bakar yang dibawa oleh mobil-mobil lawan. 

Namun yang pasti Brawn tahu berapa banyak perkembangan dari tunggangan terbaru timnya meski ia juga menyatakan bahwa timnya masih tengah melakukan program perbaikan dan pengembangan untuk menciptakan mobil yang tangguh di musim 2011 ini jadi ia mengatakan terlalu sulit untuk membandingkan kekuatan timnya dengan lawan-lawannya. 

Dalam kesempatan itu Brawn juga mengungkapkan rencana timnya sejak awal sesi ujicoba adalah mengetes daya tahan tunggangan mereka mengingat tim ini mengalami masalah dengan reliabilitas di tiga bagian sesi ujicoba terdahulu. 

Meski begitu Brawn menyatakan bahwa pengembangan yang telah dilakukan Mercedes telah membuat W02 sesuai dengan harapan mereka namun ia tak tahu seberapa besar pencapaian yang telah dilakukan lawan-lawannya. "The car is doing what we expected it to do. Yes. It is doing exactly what we expected - the lap times and the aero performance are where we are- but what you never know is what other people have achieved.

Walaupun Brawn mengaku tunggangan terbaru mereka bukanlah mobil tercepat di musim 2011 ini. Namun ketika ditanya apakah W02 jauh lebih baik dibanding tunggangan mereka tahun 2010 lalu, ia pun mengiyakan. 
"So it may not be the fastest car that is winning the early races," ungkap otak di balik kesuksesan Michael Schumacher merebut tujuh gelar dunianya.

sumber gambar dari sini

Tidak ada komentar: