Total Tayangan Laman

Translate

Sabtu, 12 Maret 2011

Michael Tercepat di Sesi Terakhir Tes di Barcelona

Setelah berhasil mencatat waktu tercepat kelima di hari pertama dari jatah dua hari tesnya pada sesi tes terakhir Michael Schumacher berhasil membawa W02-nya menjadi yang tercepat di sirkuit Catalunya, Spanyol hari Jumat kemarin. Hal ini meniupkan harapan baru bagi Michael Schumacher dan tim Mercedes menjelang race perdana musim 2011 yang akan berlangsung di Melbourne, Australia tanggal 27 Maret mendatang.

Di hari Jumat kemarin Michael yang melahap 67 lap tampil sebagai pebalap terkencang dengan torehan waktu tercepat 1:21.249. Ia tampil lebih cepat dari Ferrarinya Alonso yang berada di urutan kedua dengan 1:21.614 dan menyelesaikan 141 lap sementara Nico Rosberg, rekan setim Michael yang semula dijadwalkan akan turun mengujicoba tunggangan terbarunya hari Sabtu ini namun karena prakiraan cuaca meramalkan bahwa cuaca di Barcelona, Spanyol hari Sabtu ini akan diguyur hujan, maka putra Keke Rosberg ini pun diturunkan di hari Jumat kemarin dan hanya diproyeksikan melahap 19 lap saja agar ia bisa mengujicoba paket terbaru W02-nya di kondisi yang kering, berada di urutan ketiga di belakang Alonso dengan 1:21.788

Michael pada hari Jumat kemarin mengujicoba mobilnya dengan menggunakan sistem kualifikasi 1 lap seperti yang akan diterapkan tahun ini. Catatan waktu tercepat yang ditorehkan Michael kemarin bukan hanya membuatnya menjadi yang terkencang di hari Jumat kemarin tapi torehan waktunya itu pun telah menempatkannya setengah detik lebih cepat dari yang ditorehkan pebalap lainnya di sirkuit Catalunya sepanjang sesi tes musim dingin tahun ini. 

Penampilan perkasa Michael kemarin tak bisa dilepaskan dari kerja keras Mercedes GP yang berusaha melakukan pengembangan dan perbaikan atas segudang masalah yang diperlihatkan W02 sepanjang sesi ujicoba pra musim 2011 yang dimulai Valencia pada awal Pebruari silam hingga di Barcelona ini. Mercedes bahkan sampai perlu mengirimkan paket pengembangan mobil terbaru mereka dari markas mereka di Brackley, Inggris ke Barcelona, Spanyol hari Kamis malam lalu agar bisa segera diujicoba oleh Michael pada hari Jumat pagi kemarin. 

Paket pengembangan dan perbaikan yang dilakukan tim Mercedes meliputi front wing, turning  vanes terbaru mereka juga diffuser dan exhaust ini diyakini Brawn sebagai langkah yang penting bagi Mercedes agar tampil lebih kencang. 

Berkat pengembangan yang dilakukan Mercedes GP dan hasil mengesankan yang ditorehkan Michael Schumacher pada sesi ujicoba hari Jumat kemarin membuat pebalap legendaris Jerman ini optimis menghadapi race pembuka musim 2011 di Australia nanti. 

"We have been developing the car step by step," ujar Schumi pada akhir sesi ujicoba hari Jumat kemarin. "The main issue we had here at the test was trying to find the right balance, and optimizing the car performance," imbuh juara dunia tujuh kali ini.

Schumi juga mengungkapkan kepuasannya atas kinerja paket terbaru W02-nya kemarin namun ia tak yakin apakah tim-tim lainnya telah tampil dengan performa terbaik mereka. Kekuatan semua tim baru akan terbuka di Australia nanti. 

Ketika ditanya apakah ia sudah cukup yakin dengan paket terbaru Mercedes-nya, ayah dari Gina Maria dan Mick Schumacher ini mengatakan: "All I can say that we have seen today here that our package seems to work reasonably well, but has everyone shown their true potential? That is something that we will find out in Australia." 

Anggapan Michael ini memang amat mendasar karena pada sesi ujicoba hari Jumat kemarin, Vettel sang juara dunia memilih tak terlalu menggeber Red Bullnya setelah pada dua hari pertama final test di Barcelona hari Selasa dan Rabu kemarin, Vettel dan Webber saling berlomba mencatatkan waktu tercepat. Di hari pertama sesi final test Webber tampil tercepat dan Vettel langsung membalas di hari kedua tanggal 9 Maret silam. Di hari terakhir ujicobanya kemarin, catatan waktu yang ditorehkan Vettel hanya mampu menempatkannya di urutan ke-8 dengan 1:22.933 dengan total 64 lap yang dijalaninya. 

Begitu pula dengan Alonso yang catatan waktunya masih kalah 0.365 detik dari Michael sehingga hanya menempatkan jagoannya Ferrari ini berada di urutan kedua kabarnya tak mengerahkan seluruh kekuatan F150-nya.

Norbert Haug, petinggi Mercedes sendiri tak berani sesumbar dengan penampilan timnya di musim ini. Ia mengatakan, "There are probably a dozen cars at least!"

sumber gambar dari: fanaticf1

Tidak ada komentar: