Total Tayangan Laman

Translate

Sabtu, 11 Juni 2011

Audrey Hepburn = There's No Such Thing As Fairytale

Tag dari Selvia Lusman.
Sepanjang karirnya di dunia film, Audrey kerap disandingkan dengan sederet aktor terkenal seperti Cary Grant, Rex Harrison, hingga Sean Connery. Hubungan Audrey dengan para lawan mainnya kerap menjadi perbincangan. Bagi para lawan mainnya, Audrey disebut sebagai pribadi yang menyenangkan. Audrey bahkan sempat terlibat hubungan dengan beberapa lawan mainnya.

Rex Harrison yang bermain bersama Audrey dalam film My Fair Lady menyebut Audrey sebagai pemeran utama wanita favoritnya. Audrey sendiri dikabarkan berteman baik dengan Kay Kendall, aktris Inggris yang juga merupakan istri Rex Harrison.

Cary Grant yang sebelumnya sempat menolak membintangi Roman Holiday dan Sabrina namun akhirnya bisa juga menjadi lawan main Audrey dalam film Charade yang dirilis pada tahun 1963 dikabarkan amat menyukai selera humor Audrey hingga ia sempat mengatakan, "Satu-satunya hadiah Natal yang kuingin adalah main satu film lagi dengan Audrey Hepburn." Tapi sayangnya Charade merupakan satu-satunya film Grant bersama Hepburn. Kabarnya Grant yang sensitif atas perbedaan usia di antara mereka meminta perubahan di skrip atas usia karakter yang akan diperankan Hepburn.

Audrey juga pernah menjalin hubungan dengan Gregory Peck yang menjadi lawan mainnya di Roman Holiday. Meskipun hubungan mereka berakhir namun keduanya tetap berhubungan baik.

Audrey Hepburn ternyata juga pernah menyanyikan lagu "Happy Birthday, Mr. President" untuk Presiden John F. Kennedy. Setelah Marilyn Monroe menyanyikan lagu itu untuk Kennedy, di tahun berikutnya, pada 29 Mei 1963, Hepburn menyanyikan "Happy Birthday, dear Jack" untuk Presiden Amerika tersebut yang beberapa bulan kemudian, pada 22 Nopember 1963 tewas tertembak di Dallas, Texas saat tengah melakukan kampanye untuk periode kedua masa kepresidenannya.

Di awal tahun 1950-an, Audrey pernah berkencan dengan Michael Butler yang kemudian menjadi hair producer. Pada tahun 1952 Hepburn pernah bertunangan dengan James Hansonyang dikenang Audrey sebagai "cinta pada pandangan pertama". Namun Hepburn membatalkan pernikahan mereka padahal ia telah mengepas baju pengantin dan hari pernikahan pun telah ditetapkan, karena Audrey merasa tuntutan karier akan menyita waktunya bersama suaminya.

Belakangan Audrey malah menikah sampai dua kali dan keduanya harus kandas dengan perceraian. Pernikahan pertama Audrey dengan aktor Mel Ferrer. Mereka bertemu pertama kali di pesta yang diadakan Ferrer dalam film Lili dan langsung tertarik dengan penampilannya. Ketika menerima naskah drama teater itu, dimulai pada tanggal 24 September di tahun yang sama.

Hepburn sempat mengalami dua kali keguguran sebelum akhirnya melahirkan putra pertamanya, Sean pada tahun 1960. Yang pertama terjadi pada bulan Maret 1955 dan pada tahun 1959 Hepburn kembali mengalami keguguran saat tengah syuting film The Unforgiven. Audrey terjatuh dari atas kuda hingga perlu dirawat di rumah sakit selama berminggu-minggu. Sewaktu baru sembuh dan beristirahat di rumah, Mel Ferrer menghiburnya dengan membawakan anak rusa dari film Green Mansions. Anak rusa yang diberi nama Ip, singkatan dari Pippin. Hepburn memang sangat suka memelihara binatang. Selain Ip, si anak rusa, ia juga memelihara beberapa ekor anjing. Ketika Mr. Famous, anjing Yorkshire Terrier miliknya mati tertabrak mobil, Ferrer menghiburnya dengan memberi anjing Yorkshire Terrier lainnya yang diberi nama "Assam of Assam". Sean, putra Audrey dan Ferrer pun suka memelihara binatang dan memiliki anjing Cocker Spaniel bernama Cokey. Di usia lanjut, Hepburn memiliki dua ekor anjing Jack Russell Terrier.

Meski sukses sebagai bintang tenar, namun Hepburn tetap rendah hati dan lebih suka hidup tenang bersama keluarga serta dekat dengan alam. Hepburn memiliki dua rumah yang tidak besar dan senang berkebun.

Setahun kemudian Hepburn akhirnya melahirkan seorang anak dari pernikahannya dengan Ferrer yang diberi nama Sean. Yang menjadi ayah baptis Sean adalah A.J.Cronin, seorang novelis yang juga merupakan tetangga Hepburn di Lucerne.

Kehidupan pernikhan Hepburn dan Ferrer tidak mudah. Kolom gosip bahkan meramalkan bahwa pernikahan mereka tak akan bertahan namun Hepburn menyatakan bahwa mereka sangat bahagia, namun akhirnya Hepburn mengakui juga bahwa suaminya memiliki perangai yang buruk.

Ferrer dikabarkan terlalu mengontrol Hepburn. Salah seorang lawan main Audrey di Sabrina, William Holden bahkan sempat mengomentari hubungan Audrey dengan Ferrer dan mengatakan, "Kurasa Audrey memang membiarkan Mel mengira ia sangat berpengaruh bagi Audrey."

Pernikahan Hepburn dan Ferrer yang telah berjalan selama 14 tahun akhirnya berakhir pada 5 Desember 1968. Sean, putra mereka mengatakan bahwa Hepburn telah berupaya menpertahankan pernikahannya. Ferrer digosipkan memiliki kekasih, sementara Hepburn pun dikabarkan menjalin hubungan dengan Albert Finney yang jauh lebih muda. Hepburn sendiri membantah rumor tersebut, tapi menurut Stanley Donen, sutradara film tersebut, Audrey terlihat sangat menikmati kebersamaannya dengan Finney. Keduanya terlihat seperti sepasang anak kecil saat tengah bersama-sama. Keduanya saat itu tengah terlibat dalam film Two For The Road yang berkisah mengenai perceraian. Saat itu pernikahan Hepburn-Ferrer juga sedang di ambang perceraian. Bila Mel sedang tidak ada di lokasi, keduanya penuh semangat tapi bila Mel ada hubungan Audrey dan Albie jadi agak formal dan sedikit canggung. Namun keduanya berpisah sebelum perceraian antara Audrey dengan Ferrer, dan Hepburn menjadi kurus setelah sendirian.

Pada tahun 1967 sebelum mereka bercerai, Audrey dan Mel sempat terlibat dalam film yang sama. Audrey berperan sebagai wanita buta yang diteror dalam film Wait Until Dark dan Mel merupakan produser film tersebut. Di sini Audrey terhibur dengan Richard Crenna yang menurutnya sangat lucu. Hepburn juga suka bercanda dengan sutradara Terence Young yang pernah menjadi komandan lapis baja Angkatan Darat Inggris Raya dalam pertempuran di Amhem saat perang dunia II. Keduanya berkelakar soal kemungkinan Young pernah menembaki Hepburn saat perang di Amheim 23 tahun sebelumnya. Akting Hepburn dalam Wait Until Dark hanya menghasilkan nominasi Academy Award.

Setelah bercerai dengan Ferrer, Audrey kembali menikah. Suami keduanya adalah psikiater asal Italia, Andrea Dotti. Mereka bertemu di kapal pesiar dalam perjalanan wisata di Yunani. Mereka menikah pada tanggal 18 Januari 1969. Audrey sangat menyukai Luca dan menyebut Luca merupakan orang yang menyenangkan. Ia bahkan merasa bisa memiliki anak dari Luca dan mungkin akan membuatnya berhenti bekerja. Dari pernikahan keduanya ini, ia kembali dikaruniai seorang putra yang diberi nama Luca. Sebelum mengandung Luca, lagi-lagi Audrey mengalami keguguran untuk terakhir kalinya.

Selain melukis, Audrey dikenal juga suka membaca puisi. Ia bahkan sering membacakan puisi "Time Tested Beauty Tips" untuk kedua putranya. Salah satu bait puisi itu berbunyi, "For beautiful hair, let a child run his or her fingers through it once a day" (Agar rambut indah, biarkanlah seorang anak kecil membelai rambutmu dengan jari-jari mungilnya sesekali) dan bait lainnya berbunyi, "For a slim figure, share your food with the hungry." (Untuk mendapatkan tubuh langsing, berbagilah makananmu dengan mereka yang lapar). Puisi yang terkenal berkat Audrey Hepburn ini aslinya ditulis oleh Sam Levenson. 

Pernikahan kedua Audrey ternyata juga tak bisa bertahan. Meski Dotti sangat mencintai Hepburn dan Sean, putra sulung Audrey dari pernikahan pertamanya juga sangat menyukai Dotti tapi ternyata Dotti memiliki affair dengan wanita-wanita yang lebih muda. Setelah Audrey merasa Luca dan Sean sudah cukup besar, pernikahan Hepburn dan Dotti yang sudah berjalan selama 13 tahun akhirnya berakhir pada tahun 1982. Meski begitu hubungan Audrey dengan Dotti tetap terjalin baik, berbeda dengan hubungan antara Audrey dengan Ferrer. Setelah bercerai, Audrey dan Ferrer hanya pernah berbicara dua kali yaitu saat upacara kelulusan dan pernikahan pertama Sean, putra mereka.

Saat pernikahannya dengan Dotti hampir berakhir, Audrey kembali menemukan cinta dalam diri Robert Wolders, seorang aktor tampan asal Belanda yang juga merupakan suami aktris Merle Oberon. Hepburn mengenal Wolders lewat seorang teman di akhir pernikahannya dengan Dotti. Setelah perceraiannya dengan Dotti sudah pasti, Audrey tinggal bersama Wolders namun mereka tak pernah menikah. Pada 1989 setelah 9 tahun hidup bersama, Audrey menyatakan 9 tahun kebersamaannya dengan Wolders sebagai masa-masa paling bahagia dalam hidupnya. "Took me long enough" - perlu waktu lama untuk bertemu dengan Wolders, - demikian pernyataan Hepburn dalam wawancaranya dengan Barbara Walters. Saat ditanya alasan mereka tidak pernah menikah, Hepburn menjawab bahwa dirinya dan Wolders "sudah menikah" tapi tidak secara formal. Keduanya memang bersama-sama merencanakan perjalanan Hepburn sebagai duta UNICEF. Setiap kali Hepburn berpidato, Wolders selalu memperhatikannya dan kadang-kadang memandangnya sambil meneteskan air mata.

to be continued...

Setelah pensiun dari dunia film, Hepburn mendedikasikan seluruh hidupnya untuk kegiatan kemanusiaan bersama UNICEF. Kenangan pahit masa kecilnya saat perang dunia II turut berpengaruh dalam keputusannya ini. 

* Gambar dipinjam dari sini.

Tidak ada komentar: