Total Tayangan Halaman

Translate

Rabu, 21 Juni 2017

Emoticon

Emoticon. Dalam berkomunikasi di dunia maya, aku suka sekali menggunakan emoticon yang memiliki banyak sekali ekspresi. Mulai dari hanya sekedar meneteskan air mata, menangis, tersedu, meringis, menyeringai, tersenyum hingga tertawa. 

Emoticon terkadang mengungkapkan lebih banyak dari sekadar kata-kata. Tak jarang kata yang terketik menimbulkan salah tafsir pada si penerima pesan, namun dengan keberadaan emoticon, bisa saja kesalahpahaman itu terminimalisir. 

Selama ini aku masih penasaran mengapa namanya emoticon? Setahuku emoticon gabungan kata antara emosi dan icon (dalam kamus bahasa Inggris artinya patung/gambar orang suci). Emosi terkadang mengacu pada luapan perasaan seseorang. Dalam hal ini penggalan emot dari kata emoticon bisa jadi tepat, namun gambar-gambar lucu dalam emoticon lebih mengungkapkan ekspresi dibanding emosi. Soal kata icon, engganlah aku berkomentar, toh bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu jadi bisa saja salah penafsiran dalam kamus bahasa Inggrisku yang minim. Jadi aku hanya berani mencermati soal emosi itu saja. Ah, aku tak bermaksud meributkan hal sepele ini. Apapun namanya. Aku suka dengan adanya emoticon yang lebih mampu mengungkapkan banyak kata dibanding kata itu sendiri. 

Saat ada kata yang tak mampu kuungkapkan, maka saat itulah kurasa kububuhkan emoticon untuk menyampaikan rasaku:)

Tidak ada komentar: